Belajar Islam

Fathul Qorib: Bagaimanakah jika seseorang tidak mampu shalat dengan berdiri?

ومن عجز عن القيام في الفريضة لمشقة تلحقه في قيامه (صلى جالسا) على أي هيئة شاء، ولكن افتراشه في موضع قيامه أفضل من تَرَبُّعِه في الأظهر. (ومن عجز عن الجلوس صلى مضطجعا)؛ فإن عجز عن الاضطجاع صلى مستلقيا على ظهره ورجلاه للقبلة؛ فإن عجز عن ذلك كله أومأ بطرفه ونوى بقلبه، ويجب عليه استقبالها بوجهه بوضع شيء تحت رأسه ويومئ برأسه في ركوعه وسجوده؛ فإن عجز عن الإيماء برأسه أومأ بأجفانه؛ فإن عجز عن الإيماء بها أجرى أركان الصلاة على قلبه، ولا يتركها ما دام عقله ثابتا. والمصلي قاعدا لا قضاء عليه، ولا ينقص أجره، لأنه معذور. وأما قوله – صلى الله عليه وسلم -: «مَنْ صَلَى قَاعِدًا فَلَهُ نِصْفُ أَجْرِ الْقَائِمِ، وَمَنْ صَلَى نَائِمًا فَلَهُ نِصْفُ أَجْرِ الْقَاعِدِ»، فمحمول على النفل عند القدرة

  • Seseorang yang tidak mampu berdiri untuk melaksanakan shalat fardhu dikarenakan berat/susah, maka dia diperbolehkan untuk shalat dengan duduk bagaimanapun caranya; Akan tetapi lebih baik duduk yang dilakukan adalah duduk iftirasy daripada duduk bersila.
  • Apabila seseorang tidak mampu duduk untuk mengerjakan shalat, maka dia diharuskan shalat dengan cara tidur berbaring ke arah kiblat.
  • Apabila seseorang tidak bisa mengerjakan shalat dengan tidur berbaring, maka dia diharuskan mengerjakan shalat dengan tidur terlentang dan kedua kakinya mengarah ke kiblat.
  • Apabila seseorang tidak mampu melakukan shalat dengan kesemuanya di atas, maka dia diharuskan shalat dengan cara berisyarat dengan matanya, dan niat di dalam hati.
  • Diharuskan seseorang yang mengerjakan shalat dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas agar menghadapkan wajahnya ke arah kiblat.
  • Bagi orang yang shalat dengan tidur terlentang, dia diharuskan untuk menghadapkan wajahnya ke arah kiblat dengan cara meletakkan sesuatu di bawah kepalanya, sehingga wajahnya menghadap kiblat. Dan di saat ruku’ dan sujud, dia diharuskan untuk berisyarat menggunakan kepalanya.
  • Apabila seseorang tidak mampu berisyarat menggunakan kepalanya, maka berisyarat menggunakan kelopak mata (berkedip).
  • Apabila seseorang yang mengerjakan shalat tidak memungkinkan lagi berisyarat menggunakan kedipan mata, maka cukup untuk mengerjakan shalat di dalam hati; dengan membayangkan.

والمصلي قاعدا لا قضاء عليه، ولا ينقص أجره، لأنه معذور. وأما قوله – صلى الله عليه وسلم -: «مَنْ صَلَى قَاعِدًا فَلَهُ نِصْفُ أَجْرِ الْقَائِمِ، وَمَنْ صَلَى نَائِمًا فَلَهُ نِصْفُ أَجْرِ الْقَاعِدِ»، فمحمول على النفل عند القدرة

  • Seseorang yang shalat dengan duduk karena tidak mampu berdiri, maka dia tidak diharuskan untuk mengqadha’ shalatnya, dan pahalanya juga tidak berkurang. Hal ini dikarenakan memang dia ada uzur tidak mampu melakukan shalat.
  • Mengenai sabda Nabi Muhammad Saw yang berbunyi, “barangsiapa mengerjakan shalat sambil duduk, maka dia mendapatkan separuh dari ganjaran shalat yang berdiri. Dan barangsiapa mengerjakan shalat dalam keadaan tidur, maka dia hanya mendapatkan separuh dari pahala shalat sambil duduk”. Sabda ini berlaku bagi orang yang mengerjakan shalat sunnah, dan tidak berlaku bagi orang yang mengerjakan shalat fardhu. Hal ini dikarenakan shalat sunnah bisa dilakukan dengan cara duduk dan tidur miring.

Sumber: Muhammad bin Qasim al-Ghazi, Fath al-Qarib al-Mujib Fii Syarh Alfaadz Taqriib : al-Qaul al-Mukhtaar Fii Syarh Ghaayah al-Ikhtishar, hlm. 17.

Bayu Widianto

Panggang, 29 November 2022

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button