Matan Taqrib: Hak Memilih dalam Transaksi Jual Beli
فَصْلٌ وَالْمُتَبَايِعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا وَلَهُمَا اَنْ يَشْتَرِطَا الْخِيَارَ اِلَى ثَلَاثَةِ اَيَّامٍ وَاِذَا وُجِدَ بِالْمَبِيْعِ غَيْبٌ فَلِلْمُشْتَرِىْ رَدُّهُ. وَلَا يَجُوْزُ بَيْعُ الثَّمَرَةِ مُطْلَقًا اِلَّا بَعْدَ بُدُوِّ صَلَاحِهَا. وَلَا بَيْعُ مَا فِيْهِ الرِّبَا بِجِنْسِهِ رَطْبًا اِلَّا اللَّبَنَ
Dua orang yang melakukan transaksi jual beli memiliki hak khiyar selama keduanya belum berpisah. Keduanya dapat mensyaratkan khiyar sampai tiga hari, sehingga apabila ditemukan ada aib atau cacat pada barang yang dijual maka pembeli berhak mengembalikannya. Tidak boleh melakukan transaksi jual beli buah secara mutlak kecuali setelah tampak layak konsumsinya, dan tidak boleh pula melakukan jual beli barang yang mengandung unsur riba dengan yang sejenisnya dalam keadaan basah kecuali susu.
Catatan: Khiyar adalah hak memilih untuk meneruskan transaksi jual beli atau membatalkannya. Khiyar ini biasa dinamai dengan Khiyar Majelis.
Ditulis oleh Bayu Widianto
Panggang, 24 Oktober 2022